Senin, 17 Desember 2007

tapi sejujurnya, motivasi saya menulis lagu bahasa inggris adalah:
1. Melatih kelancaran dan pelafalan bahasa inggris (bahasa inggris saya kurang bagus, jadi ini salah satu cara saya memotivasi untuk belajar)
2. lebih gampang nemu kata2nya dan memasukkan ke melodi (karena pendek-pendek)
3. memperbanyak perbedaharaan kata bahasa inggris
4. saya lebih nyaman untuk menyanyikannya
5. dari kecil saya dah terbiasa dengar lagu bahasa inggris..
6. Saya tetap BISA bikin lagu bahasa Indonesia kalau saya MAU

menurut saya, lirik itu merupakan sebuah INSTRUMEN juga dalam musik. sama fungsinya seperti gitar, drum, dll.. lirik pun adalah instrumen..
bentuk ekspresi kita untuk menyalurkan apa yang ada di hati dan pikiran.

Ketika saya sudah merasa siap membuat lagu bahasa inggris, berarti saya juga siap menghadapi kenyataan bahwa di Indonesia lagu saya akan di dengarkan "segelintir" orang yang notabene senang dengan lagu bahasa inggris, dan akan kecil kemungkinan untuk beredar di desa-desa pelosok dan sebagainya...

Tapi.... menurut saya.... BAHASA bukanlah suatu hal FATAL yang membuat isi pesan dari lagu itu nggak sampai.. instrumen utama tersampaikannya pesan dari LIRIK adalah BAGAIMANA CARA KITA MENYANYIKANNYA.
sebagai contoh.. saya pernah dengar lagu minang.. saya nggak tau liriknya apa.. tapi saya bisa nangis.. dan ternyata itu lagu ratapan seorang ibu yang ditinggal mati anaknya.

Lirik memang penting.. tapi bahasa yang utama bukan bahasa LIDAHnya, tapi BAHASA MUSIKnya saat kita MENYANYIKAN liriknya..

Tidak ada komentar: