Selasa, 01 Juni 2010

news intel baru

Intel baru saja memperkenalkan beberapa chip baru untuk netbook, tablet, dan perangkat komputasi portabel lain. Produk ini dipamerkan dalam acara Computex 2010 yang sedang berlangsung di Taiwan saat ini.

Produk baru dari Intel yang paling menarik adalah chip dari platform Canoe Lake yang ditujukan untuk netbook ultratipis. Dalam pameran Computex ini Intel memamerkan sebuah prototipe netbook dengan ketebalan hanya 14 mm saja memakai chip dual core ini.

Chip lainnya adalah prosesor Intel Atom dual core N550. Prosesor ini telah dipakai dalam produk Asus EeePC 1015n yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu. Produk lain adalah chip Pine Trail yang mendukung memori DDR3. Hal ini sudah diketahui beberapa waktu yang lalu oleh publik dan diberi nama Intel Atom N455 (1.66 GHz) serta N470 (1.83 GHz).

Intel juga mengeluarkan produk baru dari jajaran platform Oak Trail yang ditujukan untuk perangkat tablet dan perangkat internet bergerak - MID (mobile internet device). Chip ini merupakan penerus chip Atom seri Z dan mendukung Windows 7. Selain Windows, Oak Trail juga mendukung OS MeeGo, Google Android, serta berbagai varian Linux.

Platform ini menurut Engadget akan mendukung pemutar video HD 1080p serta keluaran HDMI dengan konsumsi daya yang lebih rendah daripada chip Intel berbasis Menlow yang dipakai saat ini. Sayangnya produk ini baru akan tersedia di tahun 2011 nanti.

Intel juga mengumumkan konsep prosesor Intel Atom yang disebut Future System on a Chip (SoC). Dengan konsep ini prosesor akan bisa digunakan untuk sistem komputasi pada kendaraan, smartphone, perangkat bergerak, televisi, tablet, dan lain-lain.

Tidak ada komentar: