Rabu, 08 Desember 2010

about google chrome update 2010-2011

Seperti yang dijadwalkan, Google telah meluncurkan Chrome Web Store secara resmi. Layanan baru ini merupakan portal untuk aplikasi web pada browser Chrome ataupun Chrome OS. Pengguna kini dapat mengunduh dan membeli aplikasi berbayar atau tidak berbayar, dan beberapa aplikasi tersebut juga ada yang mampu berjalan offline. Kebanyakan aplikasi yang disediakan berjalan dengan Flash dan juga mampu menggunakan standar web yang ketat dan berjalan di semua platform.

Beberapa aplikasi terkenal telah didemokan dalam acara peluncurannya seperti Amazon, New York Times, NPR, Sports Illustrated, dan berbagai game. Browser Chrome 9 yang akan diluncurkan nantinya akan disiapkan game EA, Poppit secara langsung didalamnya. Aplikasi dari Amazon, 'Kindle for the Web' yang telah banyak ditunggu-tunggu bagi penggemar baca akan mendapatkan tampilan visual yang lebih menarik dan memudahkan dalam membaca buku, aplikasi ini akan mendarat awal 2011.

Banyak aplikasi yang akan berbeda dari tampilan versi web biasanya dan mampu sinkronisasi data dengan Chrome OS dan berbagai versi dari browser Chrome. Chrome Web Store telah tersedia saat ini dengan lebih dari 500 judul aplikasi dan dirancang untuk browser Chrome 8. Sedangkan saat Chrome 9 hadir akan memiliki fungsi yang lebih komplit dan cara membayar yang mudah untuk aplikasi.

Chrome Web Store

Dalam acara yang digelar di San Fransisco ini Google juga telah meluncurkan Chrome OS, sistem operasi yang disebut-sebut lebih cocok untuk perangkat tradisional dengan papan ketik seperti netbook dan PC. Sedangkan OS Android akan terus berkiprah di arena ponsel dan tablet.

Sundar Pichai, VP Manajemen Produk Google mengatakan bahwa kebanyakan orang menghabiskan waktunya di komputer dengan browsing dan menggunakan web, namun bagian utama dari kebanyakan sistem saat ini tidak ada yang mengoptimalkan hal tersebut, disinilah kami ingin merubah pengalaman membuka web menjadi berbeda. "Chrome OS is nothing but the web..Chrome running on hardware directly," jelasnya secara langsung.

Setup Chrome OS pada netbook dikabarkan hanya memerlukan waktu 60 detik. Satu catatan penting adalah Chrome OS dan Google tidak terikat erat dan seperti menggunakan browser Chrome, pengguna tidak perlu memiliki akun Google untuk menggunakan Chrome OS.

Selain itu, Chrome OS pilot program juga telah diluncurkan hari ini, netbook yang digunakan untuknya disebut Cr-48. Netbook ini memiliki layar berukuran 12.1 inci, papan ketik full size. SSD, built in WiFi dan 3G, touchpad yang dapat di klik, dan sebuah webcam. Perangkat ini juga tidak memiliki harddisk dan pemutar DVD/CD dimana jailbreak sudah langsung ditanamkan didalamnya. Satu hal lagi, netbook dengan bobot 1.9 kg ini mampu bertahan 8 jam dalam penggunaan aktif, seminggu dalam keadaan standby.

Acer dan Samsung akan menjadi beberapa manufaktur yang melepas Netbook berbasis Chrome OS ke pasaran yang akan tersedia global pertengahan tahun 2011.

Netbook Cr-48

via electronista, mashable, pc world

Tidak ada komentar: