Sabtu, 18 Juli 2009

news

Pasca pengeboman Hotel JW Mariot dan Ritz Carlton di Jakarta, sejumlah pusat keramaian di Kota Bandung memperketat pengamanannya. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kondisi keamanan tempat-tempat hiburan di Kota Bandung.

Seperti di BEC (Bandung Electronic Center) dan Mal BIP (Bandung Indah Plaza), kedua tempat tersebut kini dijaga petugas oleh Polres Bandung Tengah dan Tim Gegana Satbrimob Polda Jabar.

Pantauan detikbandung, Sabtu (18/7/2009), di BEC ada 6 anggota polisi yang berjaga di depan area parkir BEC, Jalan Purnawarman. Salah seorang polisi dari Polres Bandung Tengah, Briptu Andry Nugraha mengatakan penjagaan tersebut dilakukan atas instruksi atasannya untuk mengantisipasi keamanan di tempat hiburan Kota Bandung.

"Ini sebagai antisipasi saja atas terjadinya bom di Jakarta Kemarin, keamanannya lebih kita perkuat," ujar Andry.

Dikatakan Andry, polisi akan menjaga selama 24 jam dengan tempat dan personel yang berganti. "Kita piket 24 jam, tapi orang dan tempatnya bisa ubah-ubah," ungkapnya.

Begitu juga di BIP, yang berada di Jalan Merdeka, terdapat 1 mobil tim gegana dan 2 motor brimob. Menurut Letda Taufik dari Brimob Polda Jabar mereka sudah berjaga sejak di BIP sejak kemarin. "Kita sudah sejak kemarin atas inisiatif dari atasan," tuturnya.

Taufik mengatakan sejauh ini kondisi BIP ini masih terbilang aman. "Jangan sampai ada yang tidak beres lah, tapi sampai sejauh ini masih aman," ujar Taufik.

Dari pantauan detikbandung pengunjung yang datang ke BIP diperiksa oleh satpam seperti biasa. Hanya yang terlihat membawa tas berukuran besar yang diperiksa dengan metal detector tanpa memeriksa barang bawaan dalam tas. Terlihat personel polisi menggunakan atribut lengkap berjaga di depan pintu masuk dan sebagian lagi berpatroli di dalam mal tersebut.

Menurut Irna (45), seorang pengunjung dari jakarta mengatakan tidak takut mengunjungi mal walaupun di depan ada mobil gegana. "Kalau saya sih nggak takut ya bismilah saja semoga semuanya aman," ungkapnya.

Lain hal dengan Andri (38), yang masuk ke BIP lewat basement, sehingga tidak tahu ada mobil gegana dari Brimob Polda Jabar. "Oh saya nggak tau kalau ada mobil gegana, kalau ada yang patroli sih tadi saya lihat. Mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa," harapnya.

Tidak ada komentar: