Selasa, 13 Oktober 2009

kalsium

Gejala awal kekurangan kalsium adalah seperti lesu, banyak keringat, gelisah, sesak napas, menurunnya daya tahan tubuh, kurang nafsu makan, sembelit, berak-berak, insomnia, kram, dan sebagainya.

Ada baiknya sejak muda, Anda rajin menjemur diri di bawah sinar matahari pagi, namun bila tidak, maka Anda bisa mengunjungi dokter untuk berkonsultasi tentang kebutuhan kalsium yang Anda butuhkan tiap harinya.

Dokter mungkin akan memberi Anda suplemen kalsium yang wajib dikonsumsi tiap harinya. Ingat, bahwa dosis tiap orang tidak sama, jadi langkah terbaik adalah dengan bertanya langsung pada dokter pribadi Anda.

Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi suplemen ini agar hasil yang didapat bisa maksimal seperti yang Anda harapkan?!

Waktu terbaik untuk mengonsumsi suplemen kalsium adalah saat perut dalam keadaan kosong. Hal ini tidak berlaku untuk orang-orang yang lebih tua umurnya, mereka malah dianjurkan untuk mengonsumsinya bersama dengan makanan.

Suplemen kalsium tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan suplemen mineral lainnya seperti besi, misalnya, atau zat-zat lain seperti kafein, atau serat, sebab semua ini akan menghambat penyerapan kalsium dengan optimal dalam tubuh.

Oleh karena itu, mengonsumsinya bersama dengan sereal sarapan pagi yang berserat tinggi dan kopi sangatlah tidak disarankan.

Selain itu, bila Anda disarankan dokter untuk mengonsumsi 2 tablet per hari maka minumlah satu saat pagi dan satu saat malam, daripada minum 2 sekaligus, karena ini pun akan memperlambat penyerapannya.

Tidak ada komentar: