Senin, 12 Oktober 2009

LG baru

LG Display sebagai sebuah salah satu pionir di bidang teknologi LCD TFT mengumumkan sebuah e-book yang dilengkapi sel surya. Sel surya berukuran 10 cm x 10 cm ini pas dipasangkan ke dalam panel layar 6 inci e-book reader yang saat ini diproduksi LG. Ketebalan sel surya ini hanya sekitar 0,7 mm dan berbobot 20 gram saja. Karena ukurannya yang tipis dan ringan, sel surya ini sebenarnya bisa juga digunakan untuk tenaga ponsel.



Jika dipaparkan ke cahaya matahari selama empat atau lima hari, perangkat ebook akan bisa bertahan lebih lama satu hari tanpa perlu isi ulang tambahan. Ini memungkinkan pemakaian peralatan lebih lama di lapangan tanpa perlu khawatir untuk mengisi ulang baterai.

Menurut perwakilan LG, dikatakan bahwa pasaran e-book semakin meningkat karena orang bisa menyimpan ribuan e-book dengan perangkat yang mudah dibawa. Dengan tambahan sel surya, pengguna akan lebih nyaman memakainya serta menjadi salah satu cara untuk mendukung penyelamatan lingkungan hidup.

Saat ini sel surya tersebut memiliki efisiensi sekitar 9.5 persen, dan diharapkan akan meningkat menjadi 12 persen pda tahun 2010 dan meningkat lagi menjadi 14 persen di tahun 2012 untuk siap dipasarkan. Prototipe produk ini akan ditampilkan dalam pameran elektronik IMD 2009.

Tidak ada komentar: