Sabtu, 15 November 2008

Gitar Rusak Jimi Hendrix Ditaksir Rp 3,6 M



Jimi Hendrix (ist.)
Los Angeles - Siapa yang tak kenal Jimi Hendrix, seorang penyanyi, gitaris juga penulis lagu rock kelahiran Amerika, 27 November 1942. Kini salah satu gitar bersejarah miliknya akan dilelang.

Gitar Fender Stratocaster 1965 tersebut pernah jadi pelampiasan aksi destroying time Jimi ketika tampil di Astoria. London, 31 Maret 1967. Gitar tersebut patah di bagian lehernya dan sempat terbakar api. Namun momen itu jadi salah satu peristiwa tak terlupakan.

Dikutip detikhot dari NME, Jumat (13/6/2008) gitar tersebut telah disimpan sebagai benda kenangan selama lebih dari 40 tahun. Gitar tersebut tak pernah diperbaiki. Sengaja disimpan dalam keadaan rusak.

Tahun 1968 gitar tersebut telah diberikan pada musisi Frank Zappa di acara Miami Pop Festival. Menurut perkiraan, angka 250 ribu Euro atau sekitar Rp 3,6 miliar akan didapat dari lelang gitar tersebut.

Namun mengingat betapa pentingnya gitar tersebut bagi Jimi, diperkirakan harga penawaran lebih dari Rp 3,6 miliar. Jimi meninggal 18 September dalam usia 27 tahun di London. Hingga kini penyebab kematiannya tak pernah dibahas dengan detil. Namun menurut kekasihnya saat itu, sebelum ditemukan tewas Jimi over dosis karena meminum obat itu dengan campuran anggur merah.

Tidak ada komentar: