Selasa, 20 Januari 2009

new cinema 21

'KAWIN LARIS', Mengembalikan Nilai Luhur Pernikahan

Lihat Gambar


KapanLagi.com - Pemain: Zumi Zola, Candil, Nana Mirdad, Vincent Club Eighties, Ujo (Project Pop), Sujiwo Tejo, Unang, Jill Gladis

Ketertarikan Agus (Zumi Zola) pada ritual pernikahan memang sudah terlihat sejak ia masih kecil. Hobinya menghadiri pesta pernikahan berbuntut keinginannya menjadi seorang penghulu. Keinginan ini tentu saja ditentang keras oleh kedua orang tua Agus yang menginginkannya menjadi 'orang penting'. Tapi tentangan ini tak membuat keinginan Agus surut.

Pertemuannya dengan Pak Dadang, penghulu paling disegani masyarakat di sana, makin menguatkan niat Agus. Sayangnya di jaman yang serba modern ini, nilai-nilai pernikahan tak lagi sakral seperti dulu. Orang dengan gampang kawin-cerai atau malah memilih tinggal serumah tanpa pernikahan. Akibatnya, penghulu tak lagi terlalu diperlukan.

Suatu ketika, kecamatan tempat Agus tinggal akan digabung dengan kecamatan sebelah dan sebagai akibatnya Agus akan harus bekerja di bawah 'komando' Deon (Vincent Club Eighties), penghulu kecamatan sebelah yang terkenal mengomersilkan pernikahan. Keadaan ini membuat Agus harus memutar otak untuk meningkatkan statistik pernikahan di kecamatannya.

Langkah pertama Agus adalah mengubah total imej pernikahan dengan merenovasi kelas persiapan pernikahan menjadi sesuatu yang lebih menarik. Metode unik ini ternyata cukup sukses dan kelas pernikahan Agus mulai dipenuhi pasangan-pasangan yang berencana menikah.

Kabar popularitas Agus pun sampai juga ke telinga Deon dan Mamud (Candil) anak buahnya yang kemudian menyusun rencana untuk menggagalkan rencana Agus ini. Strategi licik pun mulai dilancarkan untuk membuat 'pasien' Agus beralih ke Deon. Peperangan dua kubu ini pun menjadi semakin panas saat mereka berdua harus berebut seorang klien penting, yang tinggal di rumah tepat di antara kecamatan mereka berdua. Klien itu adalah Amanda Alissa (Nana Mirdad), selebritis cantik yang akan menikah dengan seorang pejabat.

Agus berencana memanfaatkan popularitas Amanda agar para muda-mudi di kecamatan Agus mulai tertarik lagi dengan pernikahan. Sayangnya Amanda ternyata malah belum yakin menikah dengan calon suaminya. Dan seiring kedekatan Agus dan Amanda, rasa cinta pun mulai tumbuh di hati Agus. Di saat yang bersamaan, Agus menerima kabar buruk bahwa orangtuanya akan bercerai.

Pandangan Agus akan keindahan perkawinan buyar seketika. Agus yang patah semangat kemudian memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai penghulu. Untungnya ada Iin (Jill Gladys), staff Agus, yang berusaha mencegah kepergian Agus, dengan memberinya kejutan. Iin berhasil menemukan Pak Dadang. Pak Dadang pun didatangkan ke kelas persiapan pernikahan. Dengan metodenya yang gila-gilaan dan ekstrim, pak Dadang pun mulai mengajar di kelas.

Berhasilkah Agus mengembalikan nilai-nilai luhur pernikahan sekaligus menggagalkan perceraian kedua orang tuanya?

Tidak ada komentar: