Rabu, 08 April 2009

Acer Aspire One D150, Lemah di Keyboard

Serbuan produk netbook berukuran 10 inci dari produsen lain memaksa Acer untuk ikut meluncurkan netbook 10 inci juga. Masih kelanjutan dari proyek Aspire One yang sebelumnya mengusung ukuran lebih kecil, Acer Aspire One D150 ini menawarkan ukuran yang lebih lapang meski secara teknis sebenarnya masih tak jauh beda dari produk yang berukuran lebih kecil itu.

Acer Aspire One D150

Tak bisa dipungkiri bahwa produk netbook identik dengan prosesor Intel Atom, termasuk Acer Aspire One D150 ini. Selain prosesor Intel Atom N280 1.66GHz, Acer Aspire One D150 ini juga menanamkan memori DDR2 sebesar 1GB yang dipadu dengan hard disk berkapasitas 160GB. Melihat sistem operasi yang digunakan (Windows XP), tak heran jika hanya kapasitas memori 1GB yang dipasang. Sistem operasi ini memang hanya mampu meng-handle memori sebesar itu saja.

Fitur-fitur umum lain seperti port VGA, port Ethernet, port USB, jack headphone dan microphone, dan card reader juga sudah tersedia pada netbook ini. Di bagian atas layarnya juga sudah terpasang webcam berukuran 0,3 megapixel dan sudah bisa diperkirakan optical drive memang tak ada. Namun ada satu fitur yang cukup menarik dari Acer Aspire One D150 ini. Acer menyediakan tombol Wi-Fi dan Bluetooth secara terpisah dan Anda bisa memilih akan menggunakan yang mana.

Acer Aspire One D150

Layar berformat lebar seluas 10,1 inci yang dipasang di sini memiliki resolusi 1.024 x 600 pixel dan terlihat cukup tajam dan cemerlang. Yang sedikit jadi masalah sebenarnya adalah finishing layar yang glossy dan membuat layar ini jadi lebih mudah memantulkan cahaya dan akan sedikit mengganggu jika Anda bekerja membelakangi sumber cahaya. Selebihnya layar ini bisa dibilang sudah memenuhi standar sebuah netbook.

Sisi lemah netbook ini justru adalah pada keyboard-nya. Meski ukuran bodi netbook ini lebih besar, namun Acer memutuskan untuk tetap menggunakan keyboard dari Aspire One yang sebenarnya dibuat untuk ukuran netbook berukuran 8,9 inci. Akibatnya, meski keyboard ini bekerja dengan baik pada versi sebelumnya, keyboard ini jadi terasa terlalu kecil dan mengurangi produktivitas kerja.

Acer Aspire One D150

Secara umum, Acer Aspire One D150 ini tak bisa dibilang sebuah produk yang mengagumkan. Dibanding beberapa netbook yang juga mengusung ukuran 10,1 inci, Acer Aspire One D150 ini jadi tak ada apa-apanya. Tak heran jika Trusted Reviews hanya memberikan nilai 6 dari 10 poin untuk produk yang dijual dengan harga 325 Poundsterling atau sekitar Rp5,5 juta ini. Situs ini juga mengeluhkan touchpad-nya yang kurang responsif dan desainnya yang tak menarik.

Spesifikasi:

Prosesor:Intel Atom N280 1.66GHz
Memory:1GB DDR2
Chipset:Mobile Intel 945GSE Express
VGA:-
Layar:10.1" WSVGA high-brightness (1024 x 600 pixel)
Hard Disk:2.5" 9.5 mm 160 GB hard disk drive
Optical Drive:N/A
Port:VGA, Ethernet, USB, headphone, microphone, card reader
Webcam:0.3 megapixel
Wireless:Acer InviLink™ 802.11b/g, Bluetooth, WWAN
Dimensi:260 (W) x 185 (D) x 33.4 (H) mm
Situs Resmi:www.acer.co.uk

Tidak ada komentar: