Rabu, 08 April 2009

liga champions




Liverpool - Unggul duluan, Liverpool malah lantas menelan kekalahan saat menjamu Chelsea dalam laga leg pertama perempatfinal Liga Champions. Di Anfield, Kamis (9/4/2009) dinihari WIB, 'Si Merah' ditekuk 'Si Biru' 1-3.

Fernando Torres membuat Liverpool unggul cepat di menit keenam. Tapi sebelum pertandingan babak pertama berakhir, sundulan Branislav Ivanovic membuat skor jadi sama kuat 1-1.

Di babak kedua, Chelsea langsung mengambil keunggulan di menit ke-62 lewat gol kedua Ivanovic, lagi-lagi lewat sundulan. Lima menit kemudian, Didier Drogba bikin Chelsea kian di atas angin dengan golnya.

Hasil ini membuat usaha Liverpool ke semifinal akan jadi lebih berat karena di leg kedua bakal ganti melawat ke markas Chelsea di Stamford Bridge.

Jalannya Pertandingan

Baru memasuki menit ke-2 Liverpool sudah menebar ancaman. Sepak pojok Steven Gerrard bisa sampai ke Dirk Kuyt yang lantas melepaskan tembakan setengah voli, kendati Branislav Ivanovic mampu menanduk bola membelokkan arah bola menjauhi gawangnya.

Nyaris genap menit ke-6, umpan silang Alvaro Arbeloa dari sayap kanan bisa langsung diteruskan oleh Fernando Torres untuk berbuah gol. Sepakannya dari muka gawang tak kuasa ditahan kiper Petr Cech.

Semenit berselang Didier Drogba punya peluang untuk langsung memukul balik. Kesalahan Fabio Aurelio bikin Salomon Kalou bisa mengirimkan bola kepada Drogba kendati sepakan rekannya itu kemudian bisa ditahan Pepe Reina.

Kesalahan Frank Lampard menguasai bola di menit 25 dapat dimanfaatkan Torres yang berhasil mencurinya. Torres lantas melaju ke arah gawang dan coba melepaskan tembakan terarah kendati masih belum tepat sasaran.

Tiga menit berselang, umpan terobosan Michael Ballack berhasil menemukan Drogba yang ada dalam posisi bagus untuk menyamakan kedudukan. Dengan kawalan satu pemain lawan, Drogba melepaskan tembakan yang masih jauh melambung.

Dari serangan yang dibangun Liverpool pada menit 35, Arbeloa jadi penuntasnya. Dari tepi luar area penalti, dia berusaha mengarahkan bola ke tiang jauh, meski hasil sepakannya melebar.

Kedudukan kembali imbang pada menit 39. Dari sepak pojok di sisi kanan, Ivanovic yang mampu melepaskan diri dari kawalan lawan berhasil menanduk bola untuk menjebol gawang Reina.

Pertandingan langsung kembali masuk gigi tertinggi usai turun minum. Sepakan Gerrard ke gawang Chelsea masih melebar, kemudian Drogba nyaris merobek gawang Liverpool setelah sepakannya meluncur ke gawang kosong sebelum dipotong Jamie Carragher.

Tak lama berselang, tendangan keras Lampard masih mengarah ke pelukan Reina di bawah gawang Liverpool, sedangkan setelahnya tendangan Torres kala dibayangi Alex masih melambung jauh di atas mistar gawang Chelsea.

Pada menit 62, Chelsea berbalik unggul. Dari sepak pojok yang dieksekusi Lampard di sisi kiri, Ivanovic menyambut dengan tandukan terarah guna membuat skor berubah jadi 2-1.

Kedudukan berubah lagi menjadi 3-1 untuk Chelsea lewat Drogba. Umpan silang menyusur tanah Florent Malouda dari sayap kiri langsung disambarnya untuk menjebol gawang Reina di menit 67.

Gawang Liverpool kembali dalam bahaya pada menit 77. Drogba dari sisi kiri mencoba mencari rekan dan kemudian melayangkan bola ke tiang jauh. Sempat sedikit terjadi salah pengertian dengan Andrea Dossena, Reina tetap berhasil mengamankan umpan Drogba.

Di menit-menit terakhir, Alonso melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang deras mengarah ke gawang Chelsea. Cech masih bisa menepisnya ke atas mistar. Tak lama kemudian wasit meniup peluit akhir.

Susunan Pemain:

Liverpool: Reina; Arbeloa, Skrtel, Carragher, Aurelion (Andrea Dossena '75); Lucas (Ryan Babel '79), Xabi Alonso; Kuyt, Gerrard, Riera (Yossi Benayoun '67); Torres.

Chelsea: Cech; Ivanovic, Alex, Terry, Ashley Cole; Ballack, Essien, Lampard; Kalou, Drogba (Anelka '79), Malouda.

Tidak ada komentar: