Rabu, 15 April 2009

El-barca

Klub-klub Inggris kembali menunjukkan dominasinya di kancah Eropa. Di musim ini, untuk kedua kalinya berturut-turut Barcelona akan dikeroyok tiga tim Inggris di babak semifinal.

Manchester United dan Arsenal menjadi dua tim terakhir yang berhak atas tiket babak empat besar, setelah mengalahkan lawan-lawannya di hari terakhir babak perempatfinal, Kamis (16/4/2009) dinihari WIB.

MU yang berstatus juara bertahan menang 1-0 atas tuan rumah FC Porto, yang membuat mereka unggul 3-2 secara agregat. Adapun Arsenal menundukkan Villarreal 3-0 di London dan lolos dengan skor keseluruhan 4-1.

Dua tim yang lebih dulu masuk semifinal adalah Chelsea dan Barcelona. Chelsea menghempaskan rival Inggrisnya, Liverpool, dengan total skor 7-5. Adapun Barca, yang bertemu Bayern Munich di babak perempatfinal, dominan dengan kemenangan 5-1.

Dengan demikian Barca menyempil di antara tiga klub Inggris di babak empat besar, sama seperti musim lalu. Ketika itu Lionel Messi dkk sama level dengan MU, Chelsea, dan Liverpool. Adalah MU yang menaklukkan mereka di semifinal dengan skor akhir 1-0. MU kemudian tampil sebagai juara.

Kembali ke dominasi Inggris, ini merupakan kali ketiga berturut-turut tiga wakil dari negeri penemu sepakbola moderen itu masuk semifinal. Sama seperti musim lalu, trio MU-Chelsea-Liverpool juga dominan di tahun 2006. Hanya saja, tidak satu pun dari mereka yang juara. Pemenangnya adalah AC Milan. Di final, klub Italia itu menang 2-1 atas The Reds.

Tidak ada komentar: