Jumat, 04 Juli 2008

clc 180

CLC-Class: Coupe Baru Mercedes

Lihat Gambar

KapanLagi.com - Produsen mobil Jerman, Daimler-Mercedes-Benz tidak pernah berhenti melahirkan class baru. Unit terbaru adalah CLC-Class dan ini yang diposisikan sebagai entry-level untuk keluarga coupe Mercedes-Benz. Pada dasarnya, model ini menggantikan C-Class Sports Coupe, karena itulah style-nya mengikuti C-Class generasi baru, baik versi sedan maupun wagon walaupun platformnya masih menggunakan generasi lama.

Untuk menggambarkan bahwa CLC-Class ini tidak sama dengan C-Class coupe, dalam rilisnya, Sabtu (26/1), Mercedes-Benz menyebutkan ada sekitar 1,100 komponen baru atau disempurnakan untuk dipakai CLC-Class.

Keunggulan rekayasa yang ditonjolkan termasuk direct-steer system (seperti dipakai di new SLK) agar gesit ditikungan atau dengan kata lain, pengemudi hanya perlu memutar lebih sedikit di tikungan, yang pasti menyenangkan jika berkendara di kecepatan tinggi. Lainnya sistem infotainment canggih, mesin empat silinder yang bisa memproduksi 135kW/1854hp dan konsumsi bahan bakarnya di pangkas 10.8% dibandingkan model sebelumnya.

Body ringkas, berotot, dengan mengusung disain grille khas coupe Mercedes-Benz yang dicirikan logo Three Pointed Star berukuran besar. Redisain bagian belakang menghasilkan ruang bagasi ektra besar, 1100 liter. Lampu belakang baru disusun dari rangkaian panjang lampu LED yang membentang dari kiri ke kanan tutup bagasi dan menjadi lampu rem ketiga. Kesan sport selimuti interior lewat kursi-kursinya, roda kemudi tiga palang multifungsi, automatic climate control dan sentuhan aluminium yang memikat.

Mercedes-Benz menawarkan empat varian mesin empat silinder dan dua varian mesin enam silinder. Produksi dayanya mulai 90 kW/122 hp hingga 200 kW/272 hp.

CLC180 Kompressor dan CLC200 Kompressor menggunakan mesin empat silinder dengan produksi 143hp dan 184hp. CLC230 memproduksi 204hp dengan mesin 2.4 liter V6. Yang teratas CLC350 menggunakan mesin 3.5 liter V6 272hp. Daya sebesar ini bisa melontarkan mobil ini dari diam ke 100km/jam dalam 6.3 detik.

Varian diesel adalah CLC200 CDI dan CLC 220 CDI yang masing-masing memproduksi 122hp dan 150hp. Pilihan transmisinya termasuk 5AT atau 6MT. Khusus mesin V6 juga disediakan pilihan 7G-Tronic automatic transsmission yang dilengkapi fitur paddle shifting.

CLC diproduksi di Juiz de Fora plant, Brazil dan akan dipasarkan di Eropa mulai Mei mendatang. Sampai saat ini, Mercedes-Benz belum merilis harga CLC-Class.

Mercedes-Benz saat ini memproduksi 16 'class' berbeda. Yang memiliki awal C termasuk C-Class, CL-Class, CLK-Class dan CLS-Class.

Tidak ada komentar: