Jumat, 25 Juli 2008

Membuat Persiapan Matang Sebelum & Saat Berlibur

Persiapan tempat:

Cari informasi tentang tempat tujuan.
Sebelum Anda pergi, ada baiknya Anda sudah tahu 'banyak' tentang tempat tujuan Anda. Cari tahu letak geografis tempat itu, objek wisatanya, temperatur, situasi, ketentuan atau aturan yang berlaku dan akses ke tempat itu.

Informasi seperti ini membantu Anda untuk membuat persiapan biaya maupun persiapan mental dan kesehatan. Informasi itu bisa Anda baca di buku panduan wisata, koran, majalah, tabloid, internet atau dengan menonton tayangan atau acara di televisi.

Survei tempat. Kemungkinan lain untuk mengetahui lebih banyak informasi tentang tempat tujuan adalah melakukan survei kecil beberapa hari atau minggu sebelumnya. Anda, misalnya, bisa langsung mendatangi tempat itu dan melihat dari dekat kondisi geografisnya, mengamati situasi dan/atau suasananya dan merasakan secara langsung suhunya. Survei kecil seperti itu bisa membantu Anda menyusun rencana dan persiapan yang lebih matang, plus jalan yang bisa Anda lewati untuk memperpendek waktu perjalanan.

Penginapan.
Setelah melihat atau mengetahui tempat tujuan Anda, tentukan berapa lama Anda dan teman-teman atau keluarga Anda berada di tempat itu. Penentuan waktu ini berhubungan dengan tempat penginapan dan biaya yang mesti dikeluarkan. Ingat, jika tempat yang Anda datangi adalah tempat wista yang sudah diketahui banyak orang, kemungkinan besar tempat penginapannya sudah dipesan jauh dari sebelumnya. Penentuan tempat ini juga berhubungan dengan persiapan biaya Anda.

Persiapan biaya:


Budget tetap.
Jika liburan adalah rencana tetap tahunan, ada baiknya Anda membuat rancangan biaya tetap. Rancangan biaya tetap ini, sekali lagi, berhubungan dengan tempat liburan. Jika Anda ingin berlibur ke luar negeri, Anda membutuhkan biaya yang lebih besar. Jika Anda ingin berlibur ke luar kota, biayanya pun tidak sedikit. Tetapi kalau Anda ingin menikmati dan/atau melewati hari-hari libur di dalam kota, biayanya mungkin sedikit lebih kecil. Namun yang penting di sini bukan persoalan besar atau kecilnya biaya, tetapi persiapan dan rancangan biaya yang matang dan tetap.

Rancangan pasti.
Sesudah menentukan tempat liburan, tiba saatnya Anda menghitung biaya perjalanan, biaya penginapan dan biaya tambahan lain yang mungkin saja Anda keluarkan di tempat liburan.

Untuk biaya perjalanan, Anda harus bisa memastikan jumlah orang yang akan pergi bersama Anda. Satu atau dua orang? Dengan jumlah orang yang ada, kira-kira berapa uang harus Anda keluarkan sebagai ongkos penginapan? Dengan jumlah orang seperti itu, kira-kira berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk makan dan minum?

Lalu, kira-kira berapa uang yang mungkin saja Anda keluarkan untuk anggota keluarga atau teman-teman yang ingin berbelanja? Inilah yang harus Anda rancang.

Rancangan biaya lain. Yang harus Anda pikirkan juga adalah apakah Anda akan membawa makanan sendiri atau minta disiapkan oleh tempat di mana Anda menginap? Jika Anda membawa sendiri makanan dari rumah, biaya makanan bisa diminimalisir.

Jika tidak, biaya makanan selama liburan mesti bisa Anda pikirkan dan rancang baik-baik. Selama perjalanan, kira-kira berapa biaya yang Anda keluarkan untuk membeli makanan dan minuman? Berapa juga biaya yang harus Anda keluarkan untuk membeli obat atau bekal perjalanan lain?

Biaya tak terduga.
Sekalipun Anda sudah merancang matang-matang biaya liburan itu, Anda harus tetap ingat juga bahwa kemungkinan lain bisa saja terjadi, baik selama dalam perjalanan menuju dan pulang dari tempat liburan atau selama di tempat liburan. Inilah biaya tak terduga. Bisa jadi ada pembengkakan tarif masuk ke tempat wisata dan penginapan. Bisa jadi juga ada peristiwa tak enak lain, misalnya jatuh sakit, kehilangan barang atau hal lain. Soal inipun membutuhkan biaya.
Persiapan mental dan kondisi:

Konsumsi makanan. Sebelum pergi, Anda harus mengisi perut terlebih dahulu. Apalagi jika tempat yang akan Anda tuju letaknya lumayan jauh. Ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi, antara lain, nasi, sayur, buah-buahan dan kacang-kacangan. Protein dan karbohidrat penting untuk menjaga stamina tubuh. Konsumsi juga multivitamin untuk menunjang stamina dan energi Anda selama menempuh perjalanan yang jauh.

Atur waktu istirahat. Sebelum pergi, Anda harus yakin bahwa kondisi dan stamina Anda cukup kuat. Selain makan, Anda juga harus banyak beristirahat. Atur waktu istirahat yang cukup beberapa hari sebelum pergi. Tidur yang cukup beberapa hari sebelum pergi. Jangan sampai Anda sakit selama dalam perjalanan atau tiba ditempat tujuan. Banyaklah minum air putih supaya tidak terkena dehidrasi.

Barang bawaan. Konstelasi psikologis Anda berhubungan juga dengan apa saja yang akan Anda bawa. Berapa potong pakaian yang akan Anda bawa? Dua potong? Atau satu koper? Sebaliknya sesuaikan dengan suhu tempat Anda berlibur dan lamanya waktu Anda berlibur. Jika tak Anda persiapkan baik-baik, bisa-bisa liburan Anda berjalan kurang menarik.

Selain pakaian, Anda juga harus membawa obat-obatan. Sekali lagi, hal ini berhubungan dengan situasi dan temperatur tempat tujuan Anda. Beberapa jenis obat dan alat pendukung yang bisa Anda bawa, antara lain, antibiotik, flu atau pilek, sakit perut, pegal linu, antiseptik, alkohol, kapas dan balsem penghangat. Apalagi daerah tujuan cukup panas, bawa juga kacamata hitam untuk melindungi mata dan cairan penahan tabir surya (sunblock) untuk melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari. Jika daerah yang Anda tuju adalah daerah tropis, Anda harus juga membawa obat antinyamuk.

Tidak ada komentar: