Jumat, 04 Juli 2008

kesehatan

Pria maupun wanita yang menderita colorectal polyp mempunyai resiko yang sama besarnya untuk menjadi kanker colorectal (CRC)/kanker usus besar. Resiko tersebut semakin besar peluangnya pada keduanya (baik pria maupun wanita) demikian hasil satu penelitian terkini di Jerman.

Polyp Colorectal atau yang lebih dikenal dengan sebutan adenoma ditemukan hingga 40% pada usia di atas 50 tahun. kurang dari 5% di antaranya berubah menjadi kanker.

Untuk mengetahui angka rata-rata perubahan (transisi) dari polyp tingkat lanjut menjadi CRC, Dr Hermann Brenner dari Pusat Penelitian Kanker Jerman, Heidelberg beserta rekan-rekannya menggunakan data gabungan dari 80.149 kasus colonocopies dan dari populasi masyarakat Jerman yang terdaftar sebagai penderita kanker.

Laporan hasil penelitian itu dimuat di majalah Journal Gut bahwa kenaikan angka rata-rata transisi sebesar 2,6% pada wanita usia 55 hingga 59 menjadi 5,6% pada wanita usia 80 tahun atau lebih. Bagi pria kenaikan angka rata-rata transisi meningkat dari 2,6% menjadi 5,1% dari kisaran umur yang sama.

Menurut analisa Hermann Brenner dan kawan kawan, estimasi dari 10 tahun resiko kumulatif kenaikan angka resiko dari 25,4% pada usia 55 tahun menjadi 42,9% pada usia 80 tahun pada wanita dengan kenaikan dari 25,2% menjadi 39,7% pada pria dengan kisaran umur yang sama.

"Hasil temuan kami angka rata rata kenaikan transisi adenoma sangat berpengaruh kuat berdasarkan pada faktor usia dapat menyebabkan implikasi klinis, kemungkinan dengan usia yang lebih tinggi pada saat skring pertama atau interval diferensial endoscopy berdasarkan usia," kata Brenner dan rekan-rekannya dalam makalah yang dimuat dalam journal Gut.

"Namun faktor-faktor resiko tambahan misalnya faktor sejarah keluarga yang menderita CRC, juga pantas untuk diperhitungkan," demikian dikatakan para ilmuwan.

Tidak ada komentar: