Sabtu, 05 Juli 2008

Selebriti Hollywood Yang Gemar Adopsi

Lihat Gambar

Mengadopsi seorang anak yatim sudah hal lumrah bagi kebanyakan orang. Tapi tidak demikian kalau para pesohor yang melakukannya. Lihat saja beberapa kasus heboh terkait adopsi yang dilakukan bintang Hollywood, seperti Madonna yang membuat kontroversi besar dengan mengadopsi seorang bocah lelaki Malawi. Lalu, Mia Farrow yang gemar mengadopsi anak cacat, dan beberapa selebriti lainnya. Mari kita lihat selebriti Hollywood yang ramai-ramai mengadopsi anak.

Madonna Dan Guy Ritchie

Proses adopsi bocah berusia 13 bulan dari Malawi yang dilakukan Madonna memang tak mudah. Dan tentu saja menyebabkan kehebohan internasional. Pertama, ayah anak ini, Yohane, mengklaim ia tak tahu menahu dan tak pernah menyetujui soal adopsi ini. Lalu, ada tuduhan beredar yang menyebut kalau Madonna dan suaminya, Guy Ritchie memanfaatkan status selebriti mereka untuk mempermudah jalur adopsi ini, padahal peraturan di Malawi menetapkan selain penduduk asli tak diperbolehkan mengadopsi. Proses adopsi David Banda ini belum juga berakhir, tanggal 22 April 2008 lalu dijadwalkan sidang sesi dengar di Malawi, namun Madonna meminta penundaan hingga 15 Mei untuk promosi album barunya, HARD CANDY.

Angelina Jolie dan Brad Pitt

Mungkin pasangan ini adalah selebriti yang paling dikenal, kalau terkait adopsi. Pitt dan Jolie mengadopsi tiga anak dari negara berbeda. Dengan tiga anak adopsi, satu anak kandung dan sebentar lagi akan bertambah anak kembar, keluarga Jolie - Pitt adalah keluarga besar yang sempurna. Anak adopsi terbaru dalam klan ini adalah seorang bocah lelaki Vietnam yang diberi nama Pax Thien (4), yang diadopsi setahun lalu.

Bocah ini kini jadi anggota keluarga besar ini bersama saudaranya yang lain, Maddox (6) dari Kamboja dan Zahara (3) dari Ethiophia. Dengan enam anak kecil dalam keluarga ini, dapat dibayangkan kerepotan Brangelina dalam mengatur waktu bersama anak-anak mereka.

Calista Flockhart

Sebelum bertemu bintang INDIANA JONES, Harrison Ford, Calista Flockhart menjalani hidup sebagai single parent. Di tahun baru 2000, Flockhart ikut menyaksikan kelahiran putranya di RS New York, Liam. Mantan bintang ALLY MCBEAL ini mengadopsi Liam dari seorang wanita yang ditemuinya beberapa kali.

Setelah mulai menjalani hubungan dengan Ford, ia segera mengambil alih peran ibu dari empat anak aktor gaek ini dari pernikahan sebelumnya. Meski mereka tak memiliki anak sendiri, Flockhart membantah rumor yang menyebut ia menghindari melahirkan karena alasan kecantikan.

Tom Cruise Dan Nicole Kidman

Saat Tom dan Nicole pertama kali muncul di publik, paparazi yang paling senang dengan peristiwa ini. Tom dan Nicole akhirnya menikah di tahun 1990, namun sejak menikah mereka mengalami masalah dengan kehamilan. Hingga akhirnya pasangan ini memutuskan mengadopsi dua anak, Isabella (sekarang 15) dan Connor (sekarang 13). Kedua anak ini berasal dari keluarga miskin di Pantai Timur Amerika, yang diserahkan oleh orang tuanya yang tak mampu menanggung biaya hidup. Kini setelah Tom dan Nicole bercerai keduanya tetap tinggal bersama Tom. Aktor ini punya anak kandung Suri, bersama istri barunya, Katie Holmes. Dan Nicole sedang menantikan momongan pertamanya dari suaminya Keith Urban.

Meg Ryan

Meg Ryan pernah mengatakan kalau ia mempertimbangkan mengadopsi anak AS, namun ia terinspirasi menemukan anak barunya dari negara lain saat sedang mengunjungi India di tahun 1996. Di tahun 2006, bintang WHEN HARRY MET SALLY ini kembali dari Cina dengan membawa bayi adopsi seorang bocah perempuan yang diberi nama Daisy True. Ryan sendiri juga punya seorang anak lelaki, Jack dari pernikahanya dengan Dennis Quaid.

Lionel Dan Brenda Richie

Mungkin tak banyak orang tahu kalau, Nicole Richie sebenarnya anak adopsi. Bintang reality TV ini diadopsi pasangan Lionel dan mantan istrinya Brenda di tahun 1984. Pasangan ini menjalani proses adopsi selama tiga tahun dari ibu kandung Nicole, salah satu asisten belakang panggung Lionel yang punya hubungan asmara dengan drumernya. Proses adopsi tersebut akhirnya berakhir di tahun 1990. Lionel punya satu anak lagi dari mantan istrinya yang lain.

Diane Keaton

Aktris kawakan ini memang belum pernah menikah maupun punya anak sendiri. Namun di usianya yang 50 tahun, Keaton mengadopsi dua anak, seorang putri Dexter di tahun 1996 dan seorang putra, Duke di tahun 2001. Adopsi ini menyebabkan perdebatan di media soal berapa usia maksimum untuk mengadopsi di AS. Sekarang Keaton berusia 62 tahun dan tetap single, namun mengaku sangat senang menjalani peran sebagai seorang ibu.

Steven Spielberg Dan Kate Capshaw

Rasanya tak akan ada waktu tidur di rumah Steven Spielberg, bagaimana tidak, dengan tujuh anak berlarian ke sana kemari, pasti susah untuk tidur tenang dalam kegaduhan semacam itu. Dua anak dari pernikahan pertama Spielberg dan Caplin dan tiga lainnya anak kandung mereka. Dua lagi anak adopsi mereka, Theo anak Afrika-Amerika yang lahir pada 1988, sedang saudara perempuannya, Mikaela George yang ditemukan melalui agen adopsi di tahun 1996.

Michelle Pfeiffer Dan David E Kelly

Saat Michelle Pfeiffer mengadopsi anak pertamanya, Claudia Rose di tahun 1993, ia dituduh telah 'membeli' anak ini sebelum membawanya pulang dengan penerbangan pribadi ke rumahnya di LA. Pfeiffer membantah tuduhan ini dan bersikukuh kalau dia menemukan putrinya lewat agen adopsi di New York.

Tak lama setelah mengadopsi Claudia, ia jatuh cinta pada produser dan penulis naskah, David E Kelly dan mereka memiliki seorang putra, John di tahun 1994.

Mia Farrow

Aktris yang pernah menjalin hubungan dengan Frank Sinatra, Andre Previn dan Woody Allen ini seorang pengadopsi yang serius dan serial. Dia punya empat anak kandung dan mengadopsi 10 anak lainnya.

Adopsi pertamanya dilakukan di tahun 1973, seorang anak bernama Lark dari Vietnam, koran perang yang menderita asma. Setelah itu diikuti: Isaiah, yang meninggal akibat sakit; Tam, anak buta yang juga meninggal dunia; Gabriel, yang menderita lumpuh; Soon-Yi Previn, yang terlibat skandal dengan ayah tirinya, Woody Allen. Dan seluruh klan Mia Farrow antar lain: Daisy, Misha, Malone, Keili-Shea dan yang terakhir Thaddeus, korban polio yang tinggal di rel kereta api Calcutta, India.

Tidak ada komentar: