Jumat, 04 Juli 2008

BMW Gina

BMW GINA: Berbodi Kain Tanggalkan Metal

Lihat Gambar

KapanLagi.com - BMW membuat terobosan baru dalam dunia otomotif dunia. Tim kreatif desain dari pabrikan mobil berbasis di Munich Jerman ini telah merancang kulit bodi mobil tak lagi mempergunakan metal dan cat. Melainkan kain. Seluruh bodi terbalut kain.

Chris Bangle, Direktur Design BMW Group, menjelaskan mobil berbaju kain ini diberi nama GINA. Akronim dari Geometry and Functions In "N" Adaptions. Sesuai namanya bodi mobil bisa diubah untuk beradaptasi dengan lingkungan

sesuai keinginan sang pemilik dengan mudah. Cukup menekan tombol. Model dan lekuk mobil pun berganti. Fantastis!.

GINA, dihadirkan bukan sekedar sebagai mobil konsep biasa. Namun merupakan mahakarya yang benar-benar mengusung cita rasa BMW. Belum muncul model seperti ini sebelumnya. GINA benar-benar tampil dengan desain segar.

Para desainer BMW mengeksplorasi ide kebebasan berkreasi untuk dipasangkan pada setiap detail desain eksteriornya. Namun masih tetap mempertahankan ciri khas penampilan depan dan belakang BMW. Seperti tampilan grill.

Seluruh pengoperasian dilakukan secara elektrik, termasuk membuka dan menutup pintu. Pintu tidak membuka secara konvensional, menyamping. Tapi mendongak ke atas.

GINA didesain dengan kesatuan bagian bodi sehingga terlihat minim garis lipatan. Seluruhnya pergerakan bagian eksterior mobil, seperti pintu, penutup mesin, headlight bergerak secara elegan tanpa memperlihatkan celah lipatan.

Material bahan menggunakan serat yang diklaim fleksibel dan lebih kokoh. Lewat bahan fleksibel itu pada bagian tertentu mobil dapat digerakkan secara elektrik menggunakan kontrol hidrolik untuk berubah bentuk.

Atap dan tutup mesin (engine hood) jauh dari konsep mobil konvensional. Pada penutup mesin terlihat jelas potongan atau garis di bagian tengah. Untuk merawat mesin, tepat pada garis, akan bergerak menyamping dan membelah kap hingga 50 cm menjadi dua bagian .

Headlight (lampu utama) secara otomatis akan sembunyi jika tidak dinyalakan. Saat dinyalakan, bahan metal sebagai penyokong lampu akan bergerak mendorong lampu menyembul.

Para perancang BMW masih belum puas dengan perubahan radikal eksterior. Mereka masih menelorkan imajinasinya pada interior. Saat mobil diparkir, kemudi, spedometer, dan panel-panel instrumen akan membentuk posisi horizontal. Posisi ini sangat memudahkan untuk mengambil posisi nyaman saat akan masuk dan keluar mobil. Posisi pengemudi juga pada posisi nyaman, setengah tidur.

Mobil ini digerakkan dapur pacu 8 silinder dengan sistem penggerak roda belakang ini. . Barangkali, BMW GINA merupakan mobil yang didesain dengan cita rasa tertinggi saat ini.

Tidak ada komentar: