Kamis, 24 Juli 2008

gadget 2008

Teknologi Mobile Payment NFC Lebih Menjanjikan


SAN FRANSISCO - Analisa baru menemukan bahwa transaksi pembayaran dengan menggunakan teknologi NFC akan meningkat secara global hingga menghasilkan revenue sekira USD75 miliar pada 2013.

Pada segmen Mobile Payment, Juniper Research mengatakan bahwa terdapat peluang yang signifikan untuk perkembangan layanan mobile payment yang menggunakan teknologi near field communication (NFC), chip, ponsel dan teknologi lainnya, pada kurun waktu 2011 hingga 2013.

"NFC akan menarik digunakan oleh masyarakat di negara berkembang. Saat ini Jepang telah memimpin layanan mobile payment dengan meluncurkan ponsel berkemampuan NFC bertajuk FeliCa. Langkah ini akan diikuti oleh negara-negara di Amerika Utara, Eropa Barat dan beberapa negara lainnya seperti Korea, Singapura dan Australia," ujar salah satu anggota peneliti dari perusahaan riset Juniper, seperti dikutip melalui Cellular News, Selasa (22/7/2008).

Juniper memprediksi, transaksi dengan menggunakan NFC di pasar global akan meningkat lima kali lipat antara tahun 2011 dan 2013. Nantinya pada tahun 2009, perangkat NFC memang masih terbatas, kecuali di negara seperti China. Namun begitu perilaku ini akan berubah secara perlahan dalam kurun waktu 2010 hingga 2013, dimana produksi handset dengan teknologi NFC akan meningkat 20 persen. Artinya satu dari lima ponsel yang beredar di dunia akan dilengkapi dengan teknologi NFC.

Wilayah dengan tingkat pertumbuhan NFC terbesar di antaranya adalah China, Amerika Utara dan Eropa barat. Ketiga wilayah ini akan memberikan kontribusi pertumbuhan hingga 90 persen dari total USD75 miliar transaksi.

Tidak ada komentar: