Senin, 07 Juli 2008

FCX Clarity: Honda Blue Energy

Lihat Gambar
Honda FCX Clarity

Pabrikan mobil terkemuka Jepang, Honda Motor Co segera meluncurkan mobil ramah lingkungan dengan performa lebih baik dari mobil konvensional. Sesuai jadwal mobil blue energy bernama Honda FCX Clarity ini mulai masuk pasar Amerika Serikat dan Jepang akhir 2008.

Dua tahun lalu mobil ini sempat dipamerkan di International Motor Show, Jakarta. Saat dipamerkan Honda FCX Clarity masuk kategori mobil konsep masa depan. Dan pihak Honda waktu itu belum bisa memberikan jadwal yang jelas kapan mobil beremisi nol ini masuk pasar.

Mobil hijau ini, menurut Honda Motor Co akan dijual ke pasaran dalam jumlah terbatas pada bulan Juli di California, Amerika Serikat dan di Jepang menjelang akhir tahun ini. Meskipun HMC mengatakan mampu menjual puluhan unit FCX Clarity dalam setahun dan bisa menjual sekitar 200 unit dalam jangka waktu tiga tahun.

Kendala utama penjualan secara massal adalah harganya yang masih sangat mahal. Faktor lain infrastruktur pendukung seperti minimnya stasiun pengisian hidrogen fuel cell (bahan bakar utama).

Honda FCX Clarity yang mengandalkan hydrogen sebagai sumber penggerak mesin ini terbilang hemat. Muatan H2 5000-psi bisa menempuh jarak 270 mil. Daya yang dihasilkan 100 kW dan torsi 256 Nm/189 lb.ft. Honda mengklaim FCX Clarity mempunyai tingkat efisiensi dua kali lipat dari mobil hibrid listrik dan tiga kali lebih efisien dari mobil konvensional.

Mesin FCX Clarity berbasis Honda V Flow stack. Mesin ini mengkombinasikan baterai lithium ion dan hidrogen sebagai sumber tenaga. Performa terbaik didapat ketika tenaga mencapai 100 kilowatt. Pada fase ini akselerasi mesin dari putaran menengah ke tinggi mobil terasa sangat bertenaga. Sedan empat pintu ini mampu dipacu hingga 100 mph. Mesin memiliki performa yang baik saat berjalan di bawah temperatur 22 derajat fahrenheit.

Tenaga tambahan didapatkan dari energi kinetik pengereman atau pengurangan akselerasi yang dikenal sebagai regenerative braking. Daya dorong mobil ke depan diubah menjadi energi surplus listrik yang disimpan pada baterai pack lithium ion.

Emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan bersahabat-zero-emisions-ini hanyalah hydrogen atau air. Adapun CO2 yang dikeluarkan dari mobil ini hanya berasal dari kegiatan proses hydrogen menjadi tenaga listrik di mana karbon dioksida dihasilkan dari gas natural bukan dari bahan kimiawi berbahaya (petrol) dengan jumlah yang jauh dari CO2 dihasilkan mesin konvensional.

Tidak hanya emisi-nol yang diunggulkan, dari segi tampilan jenis sedan Clarity empat pintu ini juga melambangkan desain masa depan Honda dengan porsi hidung yang lebih rendah dan ruang kabin yang luas cukup untuk keluarga dan barang bawaan. Dan menjaga tema yang diusung, Honda juga melapisi interior bangku dan pintu menggunakan bahan berbasis tanaman yang anti melar dan panas matahari dengan daya tahan luar biasa dari Honda Bio-Fabric-development.

Teknologi navigasi untuk melacak lokasi "Pom hydrogen" terdekat, Adaptive Cruise Control (ACC), Collision Mitigation Brake System (CMBS), premium sound system dan juga Bluetooth menjadi fitur standar.

Selain menampilkan pengembangan terdepan dalam teknologi fuel cell, Honda FCX juga membawa terobosan dalam fitur sebuah kendaraan. Mobil ini dilengkapi dengan sensor biometric dan kamera pintar yang dapat mengenali profil pengemudi dan secara otomatis menyesuaikan berbagai fungsi kendaraan sesuai dengan posisi optimal pengemudi.

Pada waktu pengemudi mendekati kendaraan, secara otomatis kunci pintu mobil akan terbuka. Sistem komputer juga akan menyetel posisi setir, pedal gas, dan panel instrumen sesuai dengan posisi optimal pengemudi.

Hebatnya lagi, panel instrumen secara otomatis akan bergerak naik dan turun dalam sudut 45 derajat untuk menyesuaikan dengan kecepatan kendaraan. Sistem sensor yang diinstal di panel instrumen mampu menangkap arah penglihatan pengemudi ke berbagai ikon menu, memungkinkan pengemudi mengatur fungsi audio, AC, dan lain-lain secara hands-free.

Tidak ada komentar: